Skip to main content

Serial Kepemimpinan Nubuwah #sulaiman

Stlah kmren qt mmbhs qiyadatul ummah #Ibrahim, slnjutnya qt sdikit mmbhs malik al-hakim #sulaiman yg ad dlm al-quran sja :-)

Bliau adlh kturnan dr nbi daud, s’org raja yg bjksana jg. Tp Allah mngarunia kbijaksanaan lbih kpd sulaiman(21:79) #sulaiman

Sblm mnjdi malik al-hakim, sulaiman ini sring mmbntu prmslhan rkyat yg dipimpin oleh ayahnya nabi daud. Sprti ksah tnaman n kmbing #sulaiman

Jd ksahnya, kmbing2 mlik pnggembala memakan tnman2 mlik ptani. Kmdian ptani tsb mngdu ke Daud ats prmsalhan yg mnimpa drinya #sulaiman

Awlnya Daud mmtuskn utk mmbrikan sluruh kmbing2 mlik pnggmbala kpd ptni tsb sbg tnggungjwab ats prmsalahn tsb. #sulaiman

Tp sulaiman pnya pndngan lain, utk smntra wktu kmbing2 tsb dsrahkan ke ptani utk diambil hsil trnaknya. #sulaiman

sblm Allah mmbrikan sulthon, Allah mmbrikan cobaan kpd sulaiman brupa kbrantakan krajaannya. Tp kmudian ia brtaubat (38:34) #sulaiman

Dlm doanya, "Y Allah, ampuni ak n anugrhkanlah kpdku krajaan yg tdk d mliki s'org pun jg sesudahku" (38:35) #sulaiman

stelah taubatnya kpd Allah n brdoa tdi, kmudian Allah mnurunkan sgala krunia kpd sulaiman utk diberdayagunakan #sulaiman

Allah mmbrikan krunia angin untuk dijdikan kndaraan, prjlanan yg lma nya sebulan bs dipangkas ckup dr pgi smpai tngah hri (34:12) #sulaiman

Allah mmbrikannya tntara2 jin yg bs diprintah apapun, bhwa mnyelam ke dsar lautan sekalipun (21:82) #sulaiman

Allah mmbrikan brbicara brbagai macam bahsa kpd sulaiman, salah satunya bhsa binatang #sulaiman

subhanallahnya, Allah mnyuruh sulaiman hnya utk brsyukur kpdNya (34:13) #sulaiman

hikmah kpmimpinan yg bs qt ambil dr malik al-hakim #sulaiman adlh kbijaksanaan pmimpin dlm memtuskn prkara yg rmit. adkah pmimpin qt spt it?

kbijaksanaan lhir dri kteladanan. jd tdk mngkin pmimpin yg tdk tladan mmpu mlahirkan kbijaksanaan yg saling memuaskan #sulaiman

kbijaksanaan jg akn mlahirkan rsa aman n sjahtera. krn prmsalahn serumit apapun mmpu mmbrikan knyamanan bg yg brsengketa #sulaiman

keteladanan mlahirkan kbijaksanaan. kbijaksanaan mlhirkan rsa aman n sjahtera. jdilah ngeri "baldatun thoyyibun wa robbun ghafur" #sulaiman

hikmah kdua yg bs qt ambil dr malik al-hakim #sulaiman adlh mmpu mmbrdayakan SDA n SDM dgn optimal shingga mnjdi ngara yg adidaya

hkmah ktiga yg bs qt ambil dr malik al-hakim #sulaiman adlh pmimpin adlh org yg komunikatif, mmpu brgaul dgn syp pun. mknya bhsa mnjdi pntng

bijaksana mmutuskan prkara jg membutuhkan komunikasi yg bgus... bgmana bs mngkomunkasi antra bidang spy tdk ad sling senggol #sulaiman

hkmah ke empt yg bs qt ambil dr malik al-hakim #sulaiman adlh ksih sayang kpd kaum-kaum pinggiran atw proletar.

bgmana #sulaiman mnahan psukannya agr tdk mnginjak smut2 yg ingin mlindungi dirinya. ini bkti bhwa ia mngayomi wong cilik

itulah keempat hikmah dri kepmimpinan nubuwah #sulaiman. qt brhrap ada pemimpin sprti malik al-hakim :-) Harapan Itu Masih Ada,,,!!!

Comments

Popular posts from this blog

Prinsip 1 # Seri Ushul 'Isyrin

"Islam adalah sistem yang menyeluruh yang menyentuh seluruh segi kehidupan. Ia adalah negara dan tanah air, pemerintah dan ummat, akhlak dan kekuatan, kasih sayang dan keadilan, peradaban dan undang-undang, ilmu dan peradilan, materi dan sumber daya alam, penghasilan dan kekayaan, jihad dan dakwah, pasukan dan pemikiran, sebagaimana ia adalah aqidah yang lurus dan ibadah yang benar, tidak kurang dan tidak lebih." - pasal 1 Ushul 'Isyrin - Terlihat nampak jelas oleh kita, bahwa sesunguhnya pemikiran yang dibawa oleh Hasan al-Banna ini ketika diawal adalah memahamkan islam terlebih dahulu. Hasan al-Banna dengan berbagai intepretasinya, menegaskan bahwa sesungguhnya kehancuran islam adalah pemahaman yang lemah terhadap islam. Makanya disini beliau mengawali langkahnya dengan Syumuliyatul Islam. Kebencian orang-orang yang benci terhadap islam semakin membesar. Oleh karena itu, orang-orang yang benci terhadap islam menyeru agar orang-orang islam jauh terhadap agama

Prinsip 3 # Seri Ushul 'Isyrin

"Iman yang tulus, ibadah yang benar, dan mujahadah (kesungguhan dalam beribadah) adalah cahaya dan kenikmatan yang ditanamkan Allah di dalam hati hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sedangkan ilham, lintasan perasaan, ketersingkapan (rahasia alam), dan mimpi bukanlah bagian dari dalil hukum-hukum syariat. Ia bisa juga dianggap sebagai dalil dengan syarat tidak bertentangan dengan hukum-hukum agama dan teks-teksnya" Ustadz Hasan al-Banna dalam pasal ini seolah mengatakan kepada kita bahwa kesempurnaan islam kita dengan berlandaskan al-Quran dan as-Sunnah mempunyai efek samping yaitu Iman yang tulus, ibadah yang benar, dan mujahadah (kesungguhan dalam beribadah). Jadi Iman yang tulus, ibadah yang benar, mujahadah adalah efek samping dari kesempurnaan islam kita dengan landasan al-Quran dan as-Sunnah. Beliau juga menambahi bahwa Iman yang tulus, ibadah yang benar, dan mujahadah adalah cahaya bagi orang-orang yang keislamannya sudah sempurna. Ia juga sebuah kenikmatan yang ditan

Prinsip 10 # Seri Ushul Isyrin

Ma'rifah kepada Allah dengan sikap tauhid dan penyucian(dzat)-Nya adalah setinggi-tinggi tingkatan aqidah islam. Sedangkan mengenai ayat-ayat sifat dan hadits-hadits shahih tentangnya serta berbagai keterangan mutasyabihat yang berhubungan dengannya kita cukup mengimaninya sebagaimana adanya, tanpa ta'wil dan ta'thil dan tidak juga memperuncing perbedaan yang terjadi diantara para ulama. Kita mencukupkan diri dengan keterangan yang ada, sebagaimana Rasulullah dan para sahabatnya mencukupkan diri dengannya. "Orang-orang yang mendalam ilmunya berkata : 'Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu berasal dari Tuhan kami (Ali-Imron : 7)'" Permasalahan dalam pasal 10 ini adalah tentang penafsiran kepada ma'rifat kepada Allah. Permasalahan ini muncul ketika mulai bermunculan aliran-aliran aqidah dalam islam, mulai dari qadariyah yang sepenuhnya percaya adanya takdir Allah dan mereka percaya bahwa segala sesuatu itu skenarionya suda