Skip to main content

Siyasah Amal Thullabi

Yang dimaksud dengan siyasah ‘ammah (kebijakan umum) ialah garis-garis besar yang harus dijalankan oleh amal thullabi untuk mencapai sasarannya. Amal thullabi yang ada di seluruh dunia memerlukan pola ta’amul (interaksi) yang bijaksana dengan orang lain. Sejauhmana penguasaan amal thullabi terhadap kondisi obyektif di daerahnya dan di dunia internasional, juga kebijakannya dalam menangani permasalahan, dan pemusatannya pada produktivitas amal, maka sejauh itu pula pencapaian sasarannya dan keberhasilannya melewati tantangan.
Oleh karena itu keberadaan siyasah ‘ammah mutlak diperlukan untuk membingkai kerja, dan melindungi amal thullabi dari penyimpangan internal dan bahaya eksternal.
  1. Al ‘Aqidah: Aqidah islamiyah dan nilai-nilainya adalah sumber petunjuk dan pengarahan.
  2. Al Hurriyah (Kemerdekaan): Mahasiswa melaksanakan peranannya secara bebas, tanpa ada seorangpun yang boleh menghalanginya dari kebenaran.
  3. Al Wahdah (Kesatuan): Amal thullabi harus menyatukan barisanbarisan, bukan memecah-belah, mendekatkan perbedaan sikap, mematangkan pemikiran, dan menyatukan upaya menuju tujuan bersama.
  4. Al Bina’ (Pembinaan): Amal thullabi bertujuan membina pelajar/mahasiswa putra/putri secara ruhi, fikri, ‘ilmi, ijtima’i (sosial), dan jasadi sebagai batu-bata yang baik dalam bangunan masyarakat Islam.
  5. Asy Syura’ (Musyawarah): Syuro yang mengikat dan demokratis adalah sarana yang benar dalam pengambilan keputusan.
  6. Al Akhlaq: Amal thullabi adalah amal yang berkomitmen dengan akhlak dansuluk (perilaku) yang lurus.
  7. Al Hiwar Laa Al ‘Unf (Dialog, bukan Kekerasan): Bahasa dialog dan saling memahami adalah pedoman yang harus dipegang, bukan kekerasan dan permusuhan. Mengubah kemudharatan harus ditempuh dengan cara sebaik mungkin hingga tidak menimbulkan mudharat yang lebih besar.
  8. Al ‘Ajlaniyah (Terang-terangan): Amal thullabi adalah aktivitas terang-terangan, jauh dari sembunyi-sembunyi.
  9. Al Infitaah (Terbuka): Amal thullabi harus terbuka dalam menjalin hubungan dengan semua pihak, menjauhi fanatisme sempit yang memecah-belah.
  10. Ar Riyadah (Kepeloporan): Amal thullabi adalah aktivitas kepeloporan, selalu membawa bendera di depan dan memimpin yang lain di setiap medan amal.
  11. Al Mu’asasiyah (Kelembagaan): Amal yang berhasil adalah aktivitas yang dilaksanakan melalui lembaga yang didasari perencanaan yang matang dan manajemen yang benar.
  12. Al Aulawiyah (Memiliki Prioritas): Amal thullabi harus serius menempatkan aktivitasnya berdasarkan skala prioritas, mendahulukan yang terpenting, dst.
  13. Al Wathaniyah (Kebangsaan): Amal thullabi adalah aktivitas kebangsaan yang mulia, di mana ia membela hak-hak dan nilai-nilai luhur bangsanya.
  14. Al ‘Alamiyah (Internasional): Amal thullabi adalah aktivitas yang benar-benar internasional, memiliki hubungan dengan seluruh gerakan pelajar/mahasiswa di seluruh dunia berdasarkan kaidah: “Li kullinharfuhuu, wa lil jamii’i ahdaafun musytarakah” (Masing-masing memiliki situasi dan kondisi, dan semuanya memiliki tujuan yang sama).
  15. Al Insaniyah (Kemanusiaan): Amal thullabi bersifat manusiawi seluas-luasnya, membela hak asasi manusia dari berbagai jenis, bangsa, warna kulit, agama, atau pemikiran berlandaskan kemerdekaan, keadilan, dan pembela terhadap yang tertindas di manapun mereka berada.

Comments

Popular posts from this blog

Prinsip 1 # Seri Ushul 'Isyrin

"Islam adalah sistem yang menyeluruh yang menyentuh seluruh segi kehidupan. Ia adalah negara dan tanah air, pemerintah dan ummat, akhlak dan kekuatan, kasih sayang dan keadilan, peradaban dan undang-undang, ilmu dan peradilan, materi dan sumber daya alam, penghasilan dan kekayaan, jihad dan dakwah, pasukan dan pemikiran, sebagaimana ia adalah aqidah yang lurus dan ibadah yang benar, tidak kurang dan tidak lebih." - pasal 1 Ushul 'Isyrin - Terlihat nampak jelas oleh kita, bahwa sesunguhnya pemikiran yang dibawa oleh Hasan al-Banna ini ketika diawal adalah memahamkan islam terlebih dahulu. Hasan al-Banna dengan berbagai intepretasinya, menegaskan bahwa sesungguhnya kehancuran islam adalah pemahaman yang lemah terhadap islam. Makanya disini beliau mengawali langkahnya dengan Syumuliyatul Islam. Kebencian orang-orang yang benci terhadap islam semakin membesar. Oleh karena itu, orang-orang yang benci terhadap islam menyeru agar orang-orang islam jauh terhadap agama

Prinsip 5 # Seri Ushul 'Isyrin

"Pendapat imam atau wakilnya tentang sesuatu yang tidak ada teks hukumnya, tentang sesuatu yang mengandung ragam interpretasi, dan tentang sesuatu yang membawa kemaslahatan umum bisa diamalkan sepanjang tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah umum syariat. Ia mungkin berubah seiring dengan perubahan situasi, kondisi, dan tradisi setempat. Yang prinsip, ibadah itu diamalkan dengan kepasrahan total tanpa mempertimbangkan makna. Sedangkan dalam urusan selain ibadah (adat istiadat) maka harus mempertimbangkan maksud dan tujuannya." Dalam pasal yang kelima ini, Hasan al-Banna ingin mengatakan bahwa semua pendapat imam yang tidak ada teks hukumnya boleh kita amalkan jika memang itu membawa kemaslahatan ummat. Dari sini juga, semua manusia bisa menggunakan ijtihadnya masing-masing. Jadi dalam mengambil keputusan yang didalamnya tidak mengandung atau tidak ada dalil sebagai landasan hukumnya, maka kita boleh mengambil pendapat imam yang kita yakini atau kita punya ijtihad sendiri.

Prinsip 2 # Seri Ushul 'Isyrin

"Al-Quran yang mulia dan sunnah Rasul yang suci adalah tempat kembali setiap muslim untuk memahami hukum-hukum Islam. Ia harus memahami Al-Quran sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Arab, tanpa takalluf (memaksakan diri) dan ta'asuf (serampangan). Selanjutnya ia memahami sunnah suci melalui rijalul hadits (perawi hadits) yang terpercaya." Pasal yang kedua ini, Ustadz Hasan al-Banna memberikan tentang landasan berpikir manusia. Memberikan landasan tentang kesempurnaan Islam. Setelah kita memahami kesempurnaan Islam, maka seyogyanya kita juga harus memahami landasan kenapa kita harus sempurna islam kita. Karena sesungguhnya, dua kitab itulah yang menjadikan Islam ini jauh lebih sempurna ketimbang agama yang lainnya. Ajarannya yang suci tidak lepas dari peran kedua kitab ini. Kitab ini juga yang menjadi wasiat Rasulullah ketika akan meninggal. Adakah yang lebih berharga daripada al-Quran dan as-Sunnah ketika rasulullah wafat ? Allah berfirman dalam surat an-Nisa : 59